Alginat dari Bakteri

ALGINAT DARI BAKTERI

Oleh : Nurosid, 05 Fembruari 2009

Laboratorium Bakteriologi, Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Agrokimia BPPT, Puspitek Serpong.

Alginat merupakan salah satu bahan terpenting dalam dunia industri. Termasuk industri makanan, industri tekstil, industri farmasi dan industri pertanian sangatlah membutuhkan alginat. Kebutuhan alginat sendiri di Indonesia mencapai lebih dari ratusan ton per tahun. Alginat ini di peroleh dari impor negara lain. Tentunya menjadi tantangan untuk mengembangkan alginat dalam negeri.

Sampai sejauh ini, Indonesia masih memproduksi alginat dalam skala kecil yang diketahui berasal dari rumput laut. Jika kita ingin memproduksi alginat dari rumput laut coklat seperti Sargasum dan Laminarin, maka kita harus membudidayakan rumput laut dengan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 4-5 minggu. Penanganan juga harus intensif dikontrol, karenarumput laut harus ditanam di laut. Tentunya kondisi dan Faktor gagal pun dapat terjadi karena musim pun akan mempengaruhi kecepatan arus dan tinggi rendahnya gelombang air laut.

Alternatif lain yang telah umum dilakukan oleh negara-negara maju untuk memproduksi alginat adalah menggunakan mikroorganisme. Selain mudah pengontrolannya juga lebih cepat pemanenannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan cepat. Beberapa bakteri yang diketahui dapat memproduksi alginat adalah Pseudomonas cepacia, Pseudomonas aeruginosa dan Azotoacter vinelandii. Kelompok bakteri Pseudomonas dapat memproduksi alginat, namun bakteri ini bersifat patogen pada manusia, sedangkan A.vinelandii merupakan bakteri tanah pemfiksasi nitrogen memiliki potensi untuk dikembangkan untuk memproduksi alginat karena tidak bersifat patogen pada manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: