SEMUA JENIS HEWAN BERASAL DARI AIR

SEMUA JENIS HEWAN BERASAL DARI AIR

5 Djulhijah 1429 H, Rabu 3 Desember 2008

Oleh : Nurosid, S.Si

Jika kita perhatikan dan mentadzaburi Surat An-Nur ayat 45 bahwasannya Allah SWT mengajarkan kepada manusia untuk mengambil sebuah pengetahuan dan pelajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an. Semua makhluk Allah SWT yang hidup di muka bumi seperti hewan, tumbuhan dan manusia dalam tubuhnya tersusun oleh unsur yang kompleks. Susunan yang kompleks ini selalu teratur dan rapi, serta tidak ada yang tidak teratur. Allah lah penguasa keteraturan itu. Jika kita perhatikan salah satu unsur terbesar penyusun setiap tubuh makhluk hidup adalah air. Berikut firman Allah dalam surat An-Nur ayat 45 yang menyatakan bahwa semua jenis makhluk hidup diciptakan berasal dari air.

Dan Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka ada sebagian yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh Allah maha kuasa atas segala sesuatu “.

(QS. An-Nur : 45)

Air (H2O) merupakan senyawa ciptaan Allah SWT yang tersusun oleh unsur atom H dan atom O. Seperti penjelasan di atas bahwa Allah SWT menciptakan semua makhluk-Nya berasal dari air. Air adalah unsur komponen kehidupan yang paling penting. Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air, jika tanpa air maka makhluk hidup tidak akan hidup. Demikianlah Allah SWT menciptakan air sebagai unsur terpenting dalam penciptaan makhluk-Nya. Dalam sebuah penelitian, kandungan air dalam otak manusia 83%, ginjal 82%, jantung 79%, paru-paru 80%, tulang 22%, dan darah 90%. Bila kandungan air dalam masing-masing organ tersebut tetap dipertahankan sesuai kebutuhan, maka organ tersebut akan tetap sehat. Sebaliknya bila menurun, fungsinya juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Maka bisa dibayangkan betapa besar peran air dalam tubuh kita.

Allah SWT berfirman tentang kerajaan-Nya yang besar dan kekuasaan-Nya yang meliputi segaa sesuatu dan bahwasannya Dia telah menciptakan berbagai ragam makhluk yang berbeda-beda bentuk, rupa, gerak, dan harkatnya dan bahwa dia telah menciptakan semua jenis hewan dari air. Diantara jenis hewan itu ada yang berjalan dengan perutnya seperti ular dan sebagainya, ada yang berjalan dengan dua kaki seperti manusia dan burung, ada pula yang berjalan dengan empat kaki seperti kebanyakan binatang ternak seperti lembu, domba, unta dan lain-lain. Semuanya diciptakan dengan kekuasaan-Nya (Tafsir Ibnu katsir surat An-Nur ayat 45, jilid 5 : 478-479).

Coba kita kaji tafsir ayat ini lebih mendalam lagi, Allah menciptakan hewan seperti kambing, sapi, burung, termasuk manusia berasal dari air. Dalam ayat lain di jelaskan bahwa manusia diciptakan berasal dari air, air yang dimaksud di sini adalah air mani. Begitu halnya hewan bisa juga Allah ciptakan dari air mani.

Dan di dalam firman yang lain Allah SWT menjelaskan dalam surat Al-Furqan ayat 54 tentang asal penciptaan manusia “Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, laluDia jadikan manusia itu (mempunyai) keturunan dan mushaharah (hubungan kekeluargaan yang berasal dari hubungan pernikahan menantu, ipar, mertua dsb) dan tuhanmu adalah maha kuasa”.

Jika kita pernah mengetahui tentang teori evolusi oleh Charles Darwin yang mengatakan semua makhluk hidup di darat berasal dari hasil evolusi hewan air itu adalah teori yang keliru dan salah. Asal usul penciptaan hewan dari air ini sangat baik untuk dikaji dan dipelajri jika kamu ingin mengetahui.

Coba kita perhatikan ciptaan Allah SWT yaitu katak. Katak adalah hewan yang dapat hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air sehingga oleh para ilmuwan dinamakan hewan ampibi. Hewan ini jika melakukan reproduksi selalu membutuhkan media air untuk menaruh telur yang telah dibuahi untuk menjadi generasi katak selanjutnya. Kenapa hewan ini tidak melakukan reproduksi di darat saja, padahal dia dapat hidup di darat. Inilah hal yang menarik untuk diteliti kenapa hewan ini membutuhkan media air saat bereproduksi dan menaruh hasil pembuahannya di air?. Hasil penelitian ….katak membutuhkan medium air karena katak termasuk hewan yang melakukan reproduksi eksternal. Artinya, hewan ini saat melakukan pembuahan sel sperma akan membuahi sel telur tanpa harus melakukan ejakulasi terhadap betinanya. Namun, sel telur maupun sel sperma akan bertemu diluar induk katak jantan dan betina. Ada senyawa apa….

Ada sebuah pertanyaan yang muncul, apakah sel sperma dulu yang muncul ataukah hewan dulu yang muncul?. Adanya hewan juga dimulai oleh terjadinya pembuahan sel sperma terhadap sel telur menjadi jigot, morula, blastula, gastrula, berdiferensiasi menjadi bentuk makhluk hidup yang selanjutnya Allah tiupkan ruh kepada makhluk hidup itu. Jika kita lihat teori pusat pengaturan diferensiasi diatur oleh inti sel, inti sel melakukan pembentukan DNA, namun siapakah yang mengatur sel inti tersebut? Tentulah Allah SWT sang pengaturnya.

Sungguh Kami telah menurunkan ayat-ayat yang memberi penjelasan. Dan Allah memberi petunjuk siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus”.

(QS. An-Nur :46).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: