ALGINAT DAN MANFAAT

Oleh: Nurosid, 09 November 2008

Alginat merupakan polisakarida murni dari asam uronat yang tersusun dalam bentuk asam alginat rantai linier panjang. Polimer murni ini tidak bercabang dan mengandung ikatan 1,4 β asam D-mannuronat dan ikatan 1,4 α asam L-guluronat. Bentuk alginat pada umumnya adalah natrium alginat, yaitu garam alginat yang dapat larut dalam air. Bentuk alginat lain yang larut dalam air adalah kalium alginat atau amonium alginat, sedangkan alginat yang tidak larut dalam air adalah kalsium alginat.

Dalam dunia industri senyawa polimer ini dikenal sebagai bahan yang memiliki manfaat yang cukup penting. Di antaranya dapat digunakan dalam industri farmasi, industri makanan, industri kosmetik, industri tekstil dan pertanian maupun untuk kesehatan. Oleh sebab itulah alginat merupakan bahan baku yang perlu untuk ditingkatkan. Alginat digunakan sebagai biokatalis pada beberapa proses industri seperti produksi ethanol oleh yeast, produksi antibodi monoklonal dari sel hybridoma, penstimulus imunitas sel untuk mensekresi sitokinin seperti faktor α nekrosis tumor (TNF-α), interleukin-1 (IL-1) dan interleukin-6.

Industri tekstil dan kertas menggunakan alginat untuk pengembang pada permukaan kertas dan pakaian. Alginat juga dimanfaatkan pada proses pengolahan air dalam hal proses flokulasio. Alginat dalam industri makanan dimanfaatkan sebagai pengental, misalnya pada es krim, puding, cake, bir, pengembang foam dan minuman rasa buah. Alginat dalam bidang farmasi dimanfatkan sebgai pengemulsi, pemadat dan pembungkus kapsul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: